Menikmati Sensasi Segarnya Air di Wisata Curug Sawer

Daerah Sukabumi memiliki banyak keindahan yang menyegarkan. Salah satunya adalah Situ Gunung dan Curug Sawer, sebuah danau di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Situ Gunung terletak di kaki Gunung Gede Pangrango di ketinggian 850 di atas permukaan laut (dpl), sekitar 16 km barat laut Kota Sukabumi. Daerah Situ Gunung yang dipenuhi dengan hutan pinus berbukit dan berkabut, menambah kesenangan tersendiri ketika kami tiba.

curug sawer

Untuk sampai ke lokasi dan harimau yang cantik itu cukup mudah. Kita bisa naik bus dari Kampung Rambutan, Jakarta atau dari Terminal Baranangsiang, Bogor. Turunkan departemen Sukabumi di pertigaan Cisaat. Dari sana kita bisa naik angkot ke Situ Gunung atau menggunakan ojek yang tersedia secara luas di pertigaan Cisaat. Persimpangan Cisaat ini jika dari arah Bogor lokasinya sebelum Sukabumi. Tepatnya di Cisaat Square di depan Masjid Kaum, belok kiri ke jalan samping Kantor Polisi Cisaat. Situ Gunung memasuki kawasan wisata Cinumpang. Jika liburan ke Puncak berlanjut, rasanya membosankan juga. Jadi Situ Gunung adalah alternatif yang menyenangkan. Hanya kami yang agak lelah dalam perjalanan karena daerah Sukabumi macet, terutama pada hari libur.

Apa yang ada di Situ Gunung? Selain lokasinya yang tidak terlalu jauh dari ibu kota, di danau ini wisatawan bisa makan siang sambil naik perahu. Makan di atas danau, sensasinya luar biasa. Suasananya seperti menyatu dengan alam. Jika Anda ingin mengajak anak-anak Anda bertualang, ada area berkemah yang disebut Rakata Camp. Ada juga banyak game petualangan, termasuk flying fox. Jika ingin jogging, ada juga trek di Situ Gunung. Terasa enak jogging di jalan diapit oleh pohon dedaunan yang tinggi dan rindang. Aroma segar bumi dan kayu damar bersatu dengan kabut hutan perawan.

Situ Gunung adalah daerah danau yang cukup luas. Di sekitar danau terdapat area berkemah dan penginapan yang dikelola oleh Situ Gunung Park (Taman Nasional Gunung Gede Pangrango). Pesona matahari terbit di danau adalah banyak keajaiban bagi fotografer untuk mengabadikan momen yang sangat indah, menggoda, dan sangat menakjubkan. Saat bepergian ke Situ Gunung daerah ini, jangan pernah lewatkan Curug Sawer. Di lokasi air terjun yang satu ini, kita bisa berenang (mandi) basah seperti malaikat turun dari surga. Sawer Curug memiliki ketinggian sekitar 25-30 meter dan terletak di dalam kawasan wisata Situ Gunung, Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP).

Air terjun ini termasuk dalam area pengelolaan hutan termasuk RPH Cipaku, BKPH Gede Barat, KPH Sukabumi. Di lokasi ini air terjun lain juga akan ditemukan, yaitu Cimanaracun Curug, yang merupakan sumber air Situ Gunung. Air terjun ini berjarak sekitar 200 meter dari Situ Gunung Guesthouse. Untuk sampai ke Curug Sawer, Anda bisa berjalan, membawa mobil sendiri atau menyewa ojek. Setibanya di Perkemahan Cinumpang, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan (trecking) melalui jalan naik dan turun sekitar 1 km ke Curug Sawer.

Fasilitas penginapan di tepi Situ Gunung cukup memadai dengan tarif mulai dari Rp. 400 ribu hingga Rp. 600 ribu per malam. Untuk pengunjung wilayah ini hanya dikenakan biaya Rp. 3.000 / orang termasuk asuransi. Di sepanjang jalan menuju daerah Situ Gunung ada juga banyak vila milik penduduk yang disewakan dan jelas harganya lebih murah daripada penginapan atau hotel. Fasilitas di Situ Gunung cukup lengkap, ada masjid, tempat parkir luas, dan toilet. Selaion adalah banyak warung yang menyediakan berbagai jenis makanan. Karena area ini sering digunakan sebagai tempat outbound (perkemahan) dari berbagai perusahaan di sekitar Jabodetabek.

0 Response to "Menikmati Sensasi Segarnya Air di Wisata Curug Sawer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel